Seniman kita kali ini menghadirkan beragam gambar yang sangat menyenangkan untuk dilihat dan akan mencerahkan harimu. Sambut Erna Chai, seorang desainer grafis dan seniman visual dari Pekanbaru, yang menciptakan dunia penuh warna-warni, manis, sederhana, dan hangat dengan karyanya. Mari kita tahu lebih banyak tentang Erna!

Kesibukan akhir-akhir ini?
Sehari-harinya kerja di studio game, jadi sibuk bikin dan main game, hahaha. Di luar kehidupan kantor sih aku lagi dalam persiapan mau launching satu brand kolaborasi dengan temanku dalam waktu dekat. Jadi akhir-akhir ini sibuk ngurusin branding, social media dan marketingnya 🙂 Selain itu, aku juga lagi ada proyek personal buat senang-senang.

ernachaiprinterous2

Apa saja hobi kamu?
Hobiku doodling, travelling, fotografi (terutama foto film), nonton, baca, dan kumpulin stationery yang lucu

Sudah berapa lama berkecimpung di dunia grafis dan seni?
Aku baru mengenal dunia grafis dan seni sih pas masuk kuliah, jadi kalau dihitung kurang lebih 10 tahun.

Ceritain dong awal mula kamu suka menggambar?
Waktu kecil papaku suka banget minta aku gambarin kelinci, berhubung shio-ku kelinci, dan tiap kali digambar sepertinya dia senang banget. Mungkin dari sana aku suka menggambar. Setelah itu aku sering mencoba menggambar karakter dari packaging-packaging biskuit dan komik-komik, pas sekolah suka gambarin tugas teman-teman, hahaha.

ernachaiprinterous1

Bagaimana kamu mendeskripsikan karya-karyamu?
Berwarna-warni namun simpel, karya yang menyenangkan dan manis untuk dinikmati

Apa yang membuat karya-karyamu unik?
Karyaku simpel tapi bisa membuat orang yang lihat senang, positif, dan hangat. Hehe semoga begitu.

Biasanya berkarya menggunakan medium apa?
Seringnya digital, tapi sebelum berkarya selalu disketsa manual di buku gambar.

ernachaiprinterous4

Siapa idola atau influence kamu dalam berkarya?
Banyak sekali artist-artist di luar sana yang aku kagumi, aku sebut saja beberapa, Oliver Jeffers, Yayoi Kusama, Gemma Correll, Yoskay Yamamoto, Tatsuro Kiuchi, aaaa masi banyaakkk sekali, ga bisa aku sebutin satu-satu.

Mendapatkan inspirasi dari mana untuk berkarya?
Dari mana saja, film yang aku tonton, lagu, buku, kejadian sehari-hari, cuaca, teman-temanku, mimpi, berita, travelling, makanan, stranger, basically semua yang aku rasain dan alami.

Belajar grafis otodidak atau di universitas mana?
Belajarnya pas kuliah di Binus, pas itu aku baru tahu kalau grafis itu berbeda dengan menggambar, hahaha.

ernachaiprinterous6

Apa yang membuatmu bergabung dengan Printerous Artist Program?

Dari dulu aku selalu bermimpi untuk menjual produk karya sendiri, tapi selalu bingung untuk mulai di mana, cari vendor di mana, mau bikin apa, jadi ketika aku ditawarin untuk bergabung dengan Printerous Artist Program, aku langsung mengiyakan.

Menurutmu, apa yang menjadi keunggulan Printerous?
Pilihan produk yang disediakan Printerous beraneka ragam. Selain itu websitenya Printerous sangat user-friendly, kelihatan Printerous mementingkan kenyamanan usernya. Tapi yang paling utama, Printerous itu mendukung artist-artist lokal untuk bisa menjual karya-karyanya ke masyarakat luas.

Bagaimana perkembangan seniman-seniman lokal di Indonesia saat ini menurutmu?
Menurutku artist-artist lokal sih ga kalah dengan artist di luar. Skill-skill disini banyak yang melebihi artist di luar. Banyak karya-karya artist lokal yang awalnya aku pikir karya artist luar.

ernachaiprinterous3

Ada rencana apa saja ke depannya?
Ke depannya aku mau memulai line brand sendiri dimana aku bisa mengekspresikan pikiranku ke media atau aplikasi lain.

Ada keinginan atau cita-cita besar yang belum terwujud?
Banyak keinginan yang belum terwujud! Untungnya ada satu yang segera terwujud (read : brand/produk sendiri). Keinginan lain sih pengen punya tempat studio sendiri untuk bermain-main dan bereksperimen.

Siapa artist yang paling ingin kamu ajak kolaborasi? Mengapa memilih dia?
Untuk sekarang artist yang mau aku ajak kolaborasi itu sudah jadi partner aku. Namanya Astrid Prasetianti. Kita teman kuliah, dari kuliah dulu aku suka dengan style dan taste design dia, dan aku juga senang dan cocok dengan orangnya, jadi aku ajak buat memulai brand bareng.

Ada pesan untuk ilustrator lainnya di luar sana?
Terus berkarya, practice makes perfect! Ini ngomong ke diri sendiri juga haha

ernachaiprinterous5

Temukan lebih banyak tentang Erna Chai

Kunjungi store-nya di www.printerous.com/ernachai

Instagram: @ernachai